Senin, 03 September 2012

Selalu Ada Jalan Keluar (Yeremia 29:1-14)


Selalu Ada Jalan Keluar (Yeremia 29:1-14)
Jer 29:11  Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.
 
                Kesaksian seorang Lena Maria, memberikan suatau gambaran keterbatasan hidup, ia dilahirkan dengan kurang sempurna dimata manusia, ia tidak memiliki kedua lengan, banyak orang memandang randah dengan keadaannya, orang-orang disekelilingnya beranggapan bahwa ia hanya bisa merepotkan orang lain saja, namun satuha yang memotifasi dirinya, bahwa ia pasti bisa melakukan segala aktfitasnya tanpa kedua lengannya, pada kenyataannya Lena Maria mampu menjalani hidupnya tanpa merepotkan orang lain. lena Maria bisa mengatasi keterbatasannya.
                Yoyakhim melakukan apa yang jahat dimata Tuhan (2 Raj 24:9), Yoyakhim dan bangsanya mengahadi persoalan yang besar, dari adanya segala kekuasaan, harta benda, kesenangan, dll. Menjadi orang tawanan yang terbatas, serba kekurangan, sengsara, dll.
sedang ada masalah yang begitu besar, secara manusia ia tidak bisa menyelesaiakannya.
                Nah. . . dapat anda sadari bahwa selama seseorang masih bernafas, sudah pasti ada persoalan yang dihadapainya. Bagaimana dengan anda? Masalah apa yang sedang anda hadapi saat ini? Ingatlah, bersama dengan Tuhan Yesus selalu ada jalan keluar menghadapi persoalan anda. Bagaimana caranya?
                Pertama,  Melihat Persoalan dengan cara pandang Allah (Yer 29:4-7), dapat ditelaah bahwa Yesrenia menasihati bahwa orang buangan dianggap sebagai orang yang normal, mereka tidak berlarut dalam masalah (stres, depresi, putus asa, meryerah dengan keadaan), Yeremia memberikan solusi, harus ada usaha yang dilakukan untuk mencapai Kesejahteraan. Dengan berdoa dan bbergumul dihadapan Tuhan. Persoalan yang anda hadapi mungkin terlihat begitu besar dari kacamata anda, tapi mari mulai melihat persoalan dari kacamata Tuhan, masalah yang anda hadapi terhihat kecil, karena Kuasa Tuhan yang bergitu besar. Tetap berdoa dan bergumul untuk mencapai kesejahteraan.
                Kedua, Memegang Erat Firman Tuhan (Yer 29:8-9). Dalam teks ini memberikan suatu peringatan bahwa jangan sampai diberdaya dengan nabi-nabi palsu, juru tenun (melalui mimpi-mimpi dan nobuatan palsu). Merupakan perintah Tuhan supaya tidak tertipu dengan firman yang palsu. Yeremia mengingatkan dibutuhkan iman yang kokoh menghadapi persoalan. Bagaimana dengan anda? Masih takut/ ragu mendengar suara Tuhan, masihkah memegang erat Firman Tuhan dalam kehidupan anda? Dibutuhkan iman yang kokoh untuk memgang erat firman Tuhan. Suatu kebenaran yang tidak ternilai harganya, pegang Firman dalam hidup anda, jika ingin keluar dari persoalan anda.
                Ketiga, menunggu waktunya Tuhan (Yer 29:10.a). apabila sudah genap 70 tahun bagi Babel, barulah Tuhan memperhatikan orang-orang buangan (2 Taw 36:21), dalam kisah ini umat Allah baru didisiplin. Sebagaimana Tuhan mengulur perjalanan bangsa Israel (karena kurang percaya), Tuhan juga mengulur perjalanan hidup umatNya saat ini, Tuhan yang menentukan lama atau pendeknya pergumulan anda. Tuhan mengulurkan tanggaNya tepat pada waktunya, Tuhan tidakk membiarkan anakNya jatuh sampai tergeletak, Tuhan Yesus ada untuk saya dan anda.
                Yang terkahir, dibalik semuanya itu ada janji berkat dan damai sejahtera yang Tuhan berrikan (Yer 29:10b-14) Aku akan menepati janji-Ku itu kepadamu dengan mengembalikan kamu ke tempat ini.  Jer 29:11  Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.  Jer 29:12  Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu;  Jer 29:13  apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati, Jer 29:14  Aku akan memberi kamu menemukan Aku, demikianlah firman TUHAN, dan Aku akan memulihkan keadaanmu dan akan mengumpulkan kamu dari antara segala bangsa dan dari segala tempat ke mana kamu telah Kuceraiberaikan, demikianlah firman TUHAN, dan Aku akan mengembalikan kamu ke tempat yang dari mana Aku telah membuang kamu
            Demikian keadaan orang-orang buangan dipulihkan Tuhan, mereka mulai melitan persoalan yang sedang dihadapainya dengan cara pandang Allah, bukan menurut kekuatan mereka sendiri. orang-ornag buangan juga begitu erat memegang Firman Tuhan, mereka tidak mau terseseat dengan ajaran-ajaran palsu. Orang-orang buangan debfab sabar menantikan janji Tuhan, menunggu waktunya Tuhan memulihkan keadaannya, tidak menuruti keinginan kedagingannya (ego, ambisi,dll)
          Bagaimana dengan anda, sudah saatnya berbakik dari keadaan anda yang saat ini, keterpurukan pribadi, persoalan yang berasr, maupun permasalahan yangbegitu rumit. Masih ada jalan keluar, asalkan anda mau melihat persoalan dari cara pandang Allah, memegang erat Firman Tuhan, dan sabar menunggu waktunya Tuhan. Dengan demikian ada berkat dan damai sejahtera dalam kehidupan anda. Amin...God Bless